Rabu, 08 Juli 2015

MENDING KE LAUT SAJA

Mungkin kita pernah mendengar istilah, "Mending Ke Laut Saja..!!!", istilah ini terkadang dipakai untuk mendiskreditkan orang lain atau sesuatu, sering dipakai untuk menunjukkan keengganan kita, menunjukkan hal yang tidak kita sukai. Menggunakan istilah, "mending ke laut saja", itu menggambarkan keinginan kita untuk membuang jauh hal yang tidak kita sukai.

Lalu terbersit tanya dalam benak saya. Salah apa Laut sehingga harus menampung semua hal yang tidak kamu sukai?

Bagi saya, orang yang masih memakai istilah ini mungkin tidak menyadari kebesaran Laut. Betapa laut telah memberikan begitu banyak manfaat sejak pertama kali organisme berkembang di atas bumi ini. Bahwa makhluk yang disebut "Heterotrof Anaerob", merupakan jenis mikro-organisme yang pertama hadir, bahkan sebelum kadar oksigen bisa menopang kehidupan. Dan organisme pertama ini lahir dari Laut. Anggaplah ini terlalu jauh kebelakang, tetapi bukankah sejak lama Laut menjadi sumber penghidupan banyak orang. Laut memberikan kita hasil laut, garam, ikan, dan sebagainya. Laut menjadi penghubung antar wilayah jauh sebelum manusia menemukan pesawat terbang. Laut menghadirkan pemandangan yang indah termasuk betapa banyaknya misteri yang belum terpecahkan yang tersembunyi dibalik kedalamannya.

Tetapi manusia lalu membuang semua hal yang mereka tidak sukai ke Laut. Kenapa?

Benci pada anak alay, "Anak alay, mending ke laut saja".
Benci pada mantan yang selingkuh, "Pengkhianat, mending ke laut saja".
Benci pada politikus, "mending ke laut saja".

Laut memberikan penghidupan, tetapi dengan mudahnya kita mau melemparkan semua hal yang tidak kita sukai ke laut. Mereka yang secara istilah dengan mudahnya berucap "mending ke laut saja", ini mungkin juga akan dengan tega dan mudahnya membuang sampah mereka ke laut. Karena dalam benak mereka, laut merupakan wadah bagi semua hal yang tidak mereka sukai.

Jangan begitulah, laut bukan tempat untuk menampung semua kotoran kita. Mungkin berikutnya, kalau ada hal buruk terlintas dipikiran kita, pakai saja istilah "mending ke Neraka saja", karena Neraka memang tempat untuk semua hal buruk tersebut.

Buat yang masih suka menggunakan istilah "mending ke laut saja..!!!" 
kalian semua MENDING KE LAUT SAJA..!!! 

Lalu renungi dan pahami kebesaran Tuhan, melalui ciptaannya yang indah dan penuh misteri, yang kita sebut Laut...

***

Yang mencintai alam, mending ke Laut saja..!!! :)

3 komentar: